Bahasa Arab, Bahasa Al-Qur’an (Tadabbur Al-Qur’an)

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

TADABBUR AL-QUR’AN
(Surah Yusuf, Ayat 2)

Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan Al-Qur’an dalam bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh firman-Nya:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kalian memahaminya.” (QS. Yusuf ayat 2)

Pemilihan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an bukanlah tanpa alasan. Bahasa Arab dipilih karena ia adalah bahasa paling utama dan paling istimewa yang ada di muka bumi. Ibnu Katsir saat menafsirkan ayat ini menyatakan, “Bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas serta paling luas kandungannya. Ia juga memiliki ungkapan makna-makna yang paling banyak yang dapat menyentuh jiwa.”

Karena Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, demikian pula Rasul yang membawanya, yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, berasal dari bangsa Arab dan bertutur kata dalam bahasa Arab, maka untuk bisa memahami Al-Qur’an dan Sunnah Nabi dengan baik, kita wajib memahami bahasa Arab.

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “Sesungguhnya lisan (bahasa) yang dipilih Allah ‘azza wa jalla adalah lisanul ‘arab. Dengannya Dia menurunkan kitab-Nya yang agung, Dan Dia jadikan ia (bahasa Arab tersebut) sebagai bahasa penutup para Nabi-Nya, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, kami katakan seharusnya setiap orang yang yang mampu mempelajari bahasa Arab agar mempelajarinya.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/521]).

Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah rahimahullah berkata, “Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri merupakan bagian dari diin. Mengenalnya merupakan hal yang fardhu, karena memahami Al-Kitab dan As-Sunnah fardhu, dan keduanya tidak bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Sebuah kewajiban yang tidak bisa sempurna kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu itu wajib juga hukumnya.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/527]).

Mari belajar bahasa Arab!

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *