Biografi Imam Muhammad ibn Idris Asy-Syafi’i, Pendiri Madzhab Syafi’i

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

Nama, Nasab, Kunyah dan Gelar Imam Asy-Syafi’i

Nama beliau adalah Muhammad ibn Idris ibn Al-‘Abbas ibn ‘Utsman ibn Syafi’ ibn As-Saib ibn ‘Ubaid ibn ‘Abdi Yazid ibn Hisyam ibn Al-Muthallib ibn ‘Abdi Manaf ibn Qushay ibn Kilab ibn Murrah ibn Ka’b ibn Luay ibn Ghalib. Kunyah beliau adalah Abu ‘Abdillah.

Nisbah beliau adalah Al-Qurasyi (merujuk kepada suku beliau, suku Quraisy), Al-Muthallibi (merujuk kepada kakek moyang beliau Al-Muthallib), Asy-Syafi’i (merujuk kepada kakek dari kakeknya beliau, Syafi’), Al-Makki (merujuk kepada Makkah, kota tempat beliau tumbuh besar, sekaligus kampung halaman moyang beliau), Al-Ghazzi (merujuk kepada Ghazza, kota tempat kelahiran beliau).

Nasab beliau bertemu dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada ‘Abdu Manaf ibn Qushay.

Beliau mendapatkan gelar al-Imam, ‘Alimul ‘Ashr, Nashirul Hadits, dan Faqihul Millah, yang menunjukkan keutamaan dan keagungan pribadi serta ilmu yang beliau miliki.

Tahun dan Tempat Kelahiran Imam Asy-Syafi’i

Imam Asy-Syafi’i berkata: “Saya dilahirkan di Ghazzah (Gaza, salah satu kota di wilayah Palestina sekarang) pada tahun 150 (hijriyyah), dan saya dibawa ke Makkah saat berusia 2 tahun.” Ar-Rabi’ ibn Sulaiman berkata, “Asy-Syafi’i lahir pada hari yang sama dengan kematian Abu Hanifah.” Di tahun ini juga lahir ‘Ali Ar-Ridha, yang dijadikan Imam ke-8 dalam doktrin Syi’ah.

Asy-Syafi’i sudah yatim sejak kecil. Ayah beliau, Idris, wafat di usia yang masih muda. Ibu beliau lah yang membawa Asy-Syafi’i kecil ke Makkah. Ibu beliau adalah seorang wanita yang bertakwa dan ahli ibadah. Dan di bawah bimbingannya lah Asy-Syafi’i kecil tumbuh menjadi anak yang shalih dan cinta ilmu.

Perjalanan Keilmuan Imam Asy-Syafi’i

Di usia mudanya, Imam Asy-Syafi’i telah hafal Al-Qur’an dan kitab al-Muwaththa yang merupakan kitab hadits paling shahih di masa itu. Ahmad ibn Ibrahim ath-Thaiy al-Aqtha’ berkata, al-Muzani menceritakan kepada kami bahwa ia mendengar asy-Syafi’i berkata, “Saya hafal Al-Qur’an saat usia tujuh tahun, dan hafal al-Muwaththa’ pada usia sepuluh tahun.”

Selain menghafal Al-Qur’an dan Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau juga memperdalam kemampuan bahasa Arab. Untuk memperdalam bahasa Arab, beliau keluar dari kota Makkah menuju pedusunan di gurun pasir, tempat tinggal suku Hudzail. Suku ini merupakan salah satu suku Arab yang paling fasih bahasanya. Beliau banyak menghafal syair-syair Arab dari mereka. Beliau tinggal bersama mereka, mengikuti kebiasaan-kebiasaan mereka dan mengiringi perjalanan mereka. Sampai akhirnya, ketika beliau kembali ke Makkah, beliau telah menjadi seorang yang menguasai sastra Arab, syair-syairnya dan kefasihannya.

Di Makkah, beliau bermulazamah dengan ahli fiqih dan mufti Makkah saat itu, Muslim ibn Khalid Az-Zanji. Hingga ketika Asy-Syafi’i berusia 15 tahun, Muslim ibn Khalid mengizinkannya memberikan fatwa. Sang mufti Makkah berkata, “Berfatwalah wahai Abu ‘Abdillah. Demi Allah, sungguh saat ini engkau sudah layak berfatwa.”

Di usia yang muda beliau telah menjadi seorang yang faqih, menguasai tafsir Al-Qur’an dengan baik, dan ahli dalam bahasa Arab. Bahkan, Sufyan ibn ‘Uyainah ketika ditanya tentang tafsir atau fatwa, beliau berkata, “Bertanyalah kalian pada anak ini.”

Kemudian beliau melakukan perjalanan ke Madinah, menemui Imam Malik ibn Anas, imam Darul Hijrah. Usia Asy-Syafi’i saat itu belum mencapai 16 tahun. Imam Malik menerima beliau berdasarkan perantaraan pemimpin Madinah, wasiat wali Makkah, dan rekomendasi guru beliau, Muslim ibn Khalid Az-Zanji. Asy-Syafi’i pun mampu menarik perhatian Imam Malik dengan hafalannya terhadap Al-Muwaththa dan kefasihannya berbahasa.

Beliau tinggal di Madinah hingga wafatnya Imam Malik tahun 179 H, dan saat itu usia Asy-Syafi’i 29 tahun. Setelah itu beliau kembali ke Makkah.

Kemudian dengan bantuan Mush’ab ibn ‘Abdillah Al-Qurasyi, qadhi Yaman, beliau diangkat menjadi seorang qadhi di Najran, wilayah Yaman. Nampak sekali keistimewaan, kecerdasan dan keadilan beliau saat menjabat jabatan ini.

Namun, pada tahun 184 hijriyyah, saat berusia 34 tahun, beliau tertimpa musibah. Beliau dituduh oleh penguasa Yaman saat itu sebagai pendukung kelompok Syi’ah ‘Alawiyah yang mencoba memberontak pada ‘Abbasiyah. Beliau dibawa ke Baghdad bersama sembilan orang lainnya. Mereka semua dihukum mati, kecuali Asy-Syafi’i. Beliau selamat karena hujjahnya yang sangat kuat, sekaligus karena kesaksian Muhammad ibn Hasan Asy-Syaibani dan pembelaan Al-Fadhl ibn Ar-Rabi’.

Kedatangan beliau di Irak ini tidak disia-siakan. Beliau gunakan kesempatan ini untuk mempelajari fiqih penduduk Irak. Beliau belajar pada Muhammad ibn Hasan Asy-Syaibani, murid Abu Hanifah, pendiri madzhab Hanafi sekaligus imamnya ahli fiqih Irak. Dengan ini, beliau telah mampu mengumpulkan fiqih Hijaz dan fiqih Irak, dua aliran fiqih paling menonjol saat itu.

Setelah itu, beliau kembali ke Makkah, dan mengajar di sana selama sembilan tahun. Dan di masa ini beliau telah mencapai derajat mujtahid mutlak. Beliau telah menghafal ilmunya para ahli fiqih dan ahli hadits, beliau juga telah mengambil banyak pengetahuan di Irak.

Di Makkah ini, beliau membangun kaidah-kaidah pengambilan hukum dan ijtihad, dengan membandingkan fiqih Hijaz dan fiqih Irak. Kedudukan beliau sangat tinggi saat itu di antara para hali ilmu, hingga halqah keilmuan beliau menjadi halqah yang paling masyhur. Di halqah itu banyak dibahas berbagai persoalan, serta terjadi debat dan diskusi, dan semuanya menunjukkan kedalaman ilmu Asy-Syafi’i.

Pada tahun 195 H, beliau ke Baghdad untuk kedua kalinya. Beliau tinggal di sana sekitar 2 tahun. Di sana beliau menyebarkan metode ijtihadnya, menulis banyak buku dan risalah, serta berdebat dengan para ulama. Di majelis yang beliau asuh, hadir ulama-ulama besar, yang ingin mereguk ilmu beliau, seperti Ahmad ibn Hanbal, Ishaq ibn Rahawaih, ‘Abdurrahman ibn Mahdi, Abu Tsaur, dan Husain ibn ‘Ali Al-Karabisi.

Berdasarkan penuturan Ar-Razi, di sinilah beliau menulis kitab Ar-Risalah, kitab ushul fiqih pertama, untuk pertama kalinya. Kemudian penulisan kitab ini diulangi oleh beliau saat beliau di Mesir. Dari berbagai riwayat, disebutkan kitab Ar-Risalah ini ditulis beliau berdasarkan permintaan ‘Abdurrahman ibn Mahdi. Ibn Mahdi meminta Asy-Syafi’i untuk menulis satu kitab yang menjelaskan syarat-syarat berdalil dengan Al-Qur’an, As-Sunnah, ijma’, dan qiyas. Berdasarkan riwayat ini, sebagian ulama menyatakan bahwa Ar-Risalah ditulis oleh Asy-Syafi’i di Makkah, dan beliau kirim kepada Ibnu Mahdi di Irak. Jadi, penulisan Ar-Risalah yang pertama kali ini terdapat dua riwayat, ada yang menyatakan ditulis di Makkah, ada yang menyatakan di Baghdad, Irak.

Setelah itu, beliau pulang kembali ke Makkah, dan mengajarkan madzhabnya di sana. Setelah itu, beliau kembali ke Baghdad pada tahun 198 H. Kali ini, beliau hanya tinggal sekitar delapan bulan di sana. Hal ini karena saat itu terjadi fitnah. Al-Ma’mun, penguasa ‘Abbasiyah, memaksakan seluruh ulama untuk mengikuti paham mu’tazilah. Dan riwayat ini sudah sangat masyhur.

Pada tahun 199 H beliau pergi ke Mesir. Di negeri ini beliau menyebarkan madzhabnya yang baru, yang dikenal dengan madzhab jadid atau qaul jadid. Di sini beliau mendiktekan kitabnya, Al-Umm, kepada murid-muridnya. Kitab ini dinukil oleh murid beliau, Ar-Rabi’ ibn Sulaiman Al-Muradi. Beliau pun mengoreksi sebagian isi kitabnya yang terdahulu, Al-Hujjah, yang berisi madzhab qadim-nya. Beliau juga mengulang penulisan kitab ushul fiqih beliau, Ar-Risalah.

Dengan kecerdasan dan ilmu yang beliau miliki, beliau mengkritik pendapat-pendapat Imam Malik. Beliau pun mengkritik pendapat-pendapat Abu Hanifah dan murid-muridnya, demikian juga terhadap pendapat-pendapat Al-Auza’i dan ahli fiqih lainnya. Karena keluasan ilmu yang beliau miliki, serta hujjah yang sangat kuat dalam berdiskusi dan berdebat, orang-orang kemudian cenderung kepada Asy-Syafi’i. Hal ini menyebabkan murid-murid Imam Malik di Mesir khawatir. Mereka takut madzhab Imam Malik akan hilang karena kemasyhuran Asy-Syafi’i. Sampai-sampai mereka berdoa dalam sujud mereka untuk kematian Asy-Syafi’i, mereka mengucapkan, “Ya Allah, matikanlah Asy-Syafi’i, jika tidak, ilmu Malik akan hilang.”

Asy-Syafi’i tinggal di Mesir hingga wafat pada malam jum’at, di akhir bulan Rajab, tahun 204 H.

Nama-Nama Guru Imam Asy-Syafi’i

Di antara guru-guru Imam asy-Syafi’i adalah:

  1. Di Makkah: Muslim ibn Khalid Az-Zanji (mufti Makkah), Dawud ibn ‘Abdurrahman Al-‘Aththar, Muhammad ibn ‘Ali ibn Syafi’ (sepupu dari al-‘Abbas kakek Imam asy-Syafi’i), Sufyan Ibn ‘Uyainah (seorang Imam besar dan Hafizh di zamannya), ‘Abdurrahman ibn Abi Bakr Al-Mulaiki, Sa’id ibn Salim, dan Fudhail ibn ‘Iyadh.
  2. Di Madinah: Malik ibn Anas (pendiri madzhab Maliki), Ibrahim ibn Muhammad ibn Abi Yahya, ‘Abdul ‘Aziz Ad-Darawardi, ‘Aththaf ibn Khalid, Isma’il ibn Ja’far, dan Ibrahim ibn Sa’d.
  3. Di Yaman: Mutharrif ibn Mazin (imam dan muhaddits) dan Hisyam ibn Yusuf Al-Qadhi.
  4. Di Baghdad: Muhammad ibn Al-Hasan Asy-Syaibani (faqih Iraq), Isma’il ibn ‘Ulayyah, dan ‘Abdul Wahhab Ats-Tsaqafi.

Beliau pun berhasil mengumpulkan ilmu dari para mujtahid mutlak dan imam madzhab di masa itu. Beliau berhasil mendapatkan fiqih Malik dari sang imam sendiri. Fiqih Al-Auza’i dari muridnya, ‘Umar ibn Abi Salamah. Fiqih Al-Laits ibn Sa’ad, imamnya penduduk Mesir, dari muridnya, Yahya ibn Hassan. Fiqih Abu Hanifah, imamnya penduduk Irak, dari muridnya, Muhammad ibn Hasan Asy-Syaibani. Dengan ini beliau telah mengumpulkan ilmunya para imam madzhab yang masyhur saat itu, dan ini merupakan keistimewaan dari madzhabnya Asy-Syafi’i.

Nama-Nama Murid Imam Asy-Syafi’i

Di antara murid-murid Imam asy-Syafi’i adalah: ِAl-Humaidi, Abu ‘Ubaid Al-Qasim ibn Sallam, Ahmad ibn Hanbal (pendiri madzhab Hanbali), Sulaiman ibn Dawud Al-Hasyimi, Abu Ya’qub Yusuf ibn Yahya Al-Buwaithi, Abu Tsaur Ibrahim ibn Khalid Al-Kalbi, Harmalah ibn Yahya, Abu Ibrahim Isma’il ibn Yahya Al-Muzani, Ibrahim ibn Al-Mundzir Al-Hizami, Ishaq ibn Rahawaih, Ishaq ibn Buhlul, Rabi’ ibn Sulaiman Al-Muradi, dan Rabi’ ibn Sulaiman Al-Jizi.

Komitmen Imam Asy-Syafi’i Terhadap Sunnah

Ada banyak riwayat yang menunjukkan begitu komitmennya Imam asy-Syafi’i berpegang teguh pada Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Berikut di antaranya:

Asy-Syafi’i berkata: “Jika telah shahih suatu hadits, maka itu adalah madzhabku. Dan jika telah shahih suatu hadits, lemparkanlah kata-kataku (yang menyelisihinya) ke dinding.”

Abu Tsaur berkata, saya mendengar Asy-Syafi’i berkata: “Setiap ada hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka itu adalah pendapatku, meskipun kalian tak pernah mendengarnya dariku.”

‘Abdullah ibn Ahmad ibn Hanbal berkata, saya mendengar ayah saya berkata, bahwa Asy-Syafi’i berkata: “Anda (Ahmad ibn Hanbal) lebih mengetahui khabar-khabar yang shahih dibanding saya. Jika ada khabar shahih, maka beritahulah saya, sehingga saya bisa mengikutinya, baik ia khabar dari orang Kufah, Bashrah, ataupun Syam.”

Harmalah berkata, asy-Syafi’i berkata: “Setiap yang saya katakan, jika terdapat hadits shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bertentangan dengan pendapatku, maka hadits shahih itu lebih utama (untuk diikuti), dan janganlah kalian bertaqlid kepadaku.”

Ar-Rabi’ berkata, saya mendengar Asy-Syafi’i berkata: “Jika kalian menemukan dalam kitabku ada pendapat yang bertentangan dengan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka berkatalah sesuai sunnah tersebut, dan tinggalkanlah perkataanku.”

Ar-Rabi’ juga berkata, saya mendengar Asy-Syafi’i berkata, setelah seorang laki-laki berkata kepada beliau, “Apakah Anda mengambil hadits ini wahai Abu ‘Abdillah (Asy-Syafi’i)?”, beliau menjawab: “Kapanpun aku meriwayatkan sebuah hadits shahih dari Rasulullah, dan aku tidak mengambilnya, maka aku jadikan kalian sebagai saksi bahwa sesungguhnya akalku telah hilang.”

Ar-Rabi’ juga berkata, saya mendengar Asy-Syafi’i berkata: “Langit mana yang akan menaungiku, dan bumi mana yang akan membawaku, jika aku meriwayatkan satu hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun aku tidak berhujjah dengannya.”

Al-Humaidi berkata, pada suatu hari Asy-Syafi’i meriwayatkan sebuah hadits, kemudian aku bertanya kepada beliau, ‘Apakah Anda mengambilnya?’, kemudian Asy-Syafi’i menjawab: “Apakah engkau melihatku keluar dari gereja, atau memakai pakaian para pendeta, hingga engkau mendengar hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan aku tidak berpendapat mengikutnya.”

Imam Asy-Syafi’i dan Keutamaan Ilmu

Asy-Syafi’i berkata: “Menuntut ilmu lebih utama dari shalat nafilah.”

Ar-Rabi’ berkata, Asy-Syafi’i berkata kepadaku: “Jika bukan orang-orang yang faqih lagi mengamalkan ilmunya yang merupakan wali-wali Allah, maka Allah tidak memiliki wali.”

Abu Tsaur berkata, saya mendengar Asy-Syafi’i berkata: “Seharusnya seorang faqih meletakkan tanah di atas kepalanya karena tawadhu’ kepada Allah dan syukur kepada-Nya.”

Pujian Ulama Terhadap Imam Asy-Syafi’i

Imam Asy-Syafi’i adalah permata di zamannya, banyak ulama yang memuji keutamaan beliau, di antaranya adalah:

Ibrahim ibn Abi Thalib al-Hafizh berkata, saya bertanya kepada Abu Qudamah as-Sarakhsi tentang Asy-Syafi’i, Ahmad, Abu ‘Ubaid dan Ibn Rahawaih, kemudian beliau menjawab: “Asy-Syafi’i adalah yang paling faqih di antara mereka.”

Imam Ahmad berkata: “Sesungguhnya Allah ta’ala mendatangkan bagi umat manusia tiap permulaan seratus tahun seseorang yang mengajarkan sunnah kepada mereka dan menghilangkan kedustaan terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan kami memandang di permulaan tahun seratus adalah ‘Umar ibn ‘Abdul ‘Aziz dan permulaan tahun dua ratus adalah Asy-Syafi’i.”

Imam Ahmad juga berkata: “Asy-Syafi’i adalah filsuf dalam empat hal, bahasa, perbedaan pendapat di antara manusia, al-ma’ani, dan fiqih.”

Imam Ahmad juga berkata: “Asy-Syafi’i seperti matahari bagi dunia, dan kesehatan bagi manusia.”

Imam Ahmad juga berkata tentang Asy-Syafi’i: “Dia adalah orang yang paling faqih dalam kitabullah dan sunnah Rasulillah.”

‘Abdullah ibn Ahmad ibn Hanbal berkata, saya mendengar ayah saya berkata: “Seandainya bukan karena Asy-Syafi’i, kami tidak akan mengenal fiqih hadits.”

Abu Tsaur berkata: “Kami mengatakan, Asy-Syafi’i lebih faqih dibanding Ibrahim An-Nakha’i.”

Qutaibah ibn Sa’id berkata: “Ats-Tsauri wafat dan matilah wara’, Asy-Syafi’i wafat dan matilah sunnah, wafat Ahmad ibn Hanbal dan kemudian tersebarlah bid’ah.”

Rujukan:

1. Siyar A’laam an-Nubalaa karya adz-Dzahabi
2. Thabaqaat asy-Syaafi’iyyiin karya Ibnu Katsir
3. Thabaqaat al-Huffaazh karya as-Suyuthi
4. Al-Fiqh asy-Syafi’i al-Muyassar karya Wahbah Az-Zuhaili
5. Tarikh at-Tasyri’ al-Islami karya Manna’ Al-Qaththan

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *