Hadits yang Diriwayatkan Oleh Ahli Bid’ah

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

A. Definisi Bid’ah

Bid’ah adalah perkara baru dalam agama setelah agama ini sempurna, atau hal-hal yang baru dibuat setelah masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik berupa hawa nafsu maupun perbuatan-perbuatan tertentu (Taysir Mushthalah Al-Hadits, hlm. 94)

B. Macam-macam Bid’ah

Bid’ah terbagi menjadi dua macam:

(1) Bid’ah Mukaffirah, yaitu bid’ah yang menyebabkan orang yang melakukannya jatuh kepada kekafiran. Misalnya orang yang meyakini hal-hal yang menyebabkan kekufuran, mengingkari perkara-perkara mutawatir yang ma’lum minad diin bidh dharurah (perkara yang sangat jelas dalam agama dan diketahui oleh semua muslim), atau yang meyakini hal-hal sebaliknya yang bertentangan dengannya.

(2) Bid’ah Mufassiqah, yaitu bid’ah yang menyebabkan orang yang melakukannya menjadi fasiq, namun ia tidak jatuh pada kekafiran.

C. Hukum Riwayat dari Ahli Bid’ah

(1) Jika bid’ahnya menjatuhkan pelakunya pada kekufuran, maka periwayatan haditsnya tertolak.

(2) Jika bid’ahnya menjatuhkan pelakunya pada kefasiqan, dan ia masih berstatus muslim, pendapat yang shahih –menurut Ath-Thahhan–, dan merupakan pendapat mayoritas ulama, riwayatnya diterima, dengan dua syarat:

a) Ia bukanlah penyeru pada bid’ah yang ia lakukan. Artinya, ia hanya pelaku bid’ah, dan bukan da’i pada bid’ah tersebut.

b) Ia tidak meriwayatkan hal-hal yang mempromosikan atau mendukung bid’ahnya. Artinya, riwayat haditsnya yang diterima adalah hadits yang tidak berhubungan dengan hal-hal bid’ah yang biasa ia lakukan.

D. Apakah Ada Nama Khusus Bagi Hadits yang Diriwayatkan Oleh Ahli Bid’ah?

Tidak ada nama khusus bagi hadits jenis ini. Ia secara umum dimasukkan dalam hadits-hadits yang tertolak (dhaif), dan ia baru dianggap hadits maqbul (diterima) jika memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan sebelumnya.

Wallahu a’lam.

Sumber:
Taysiir Musthalah Al-Hadits, karya Mahmud Ath-Thahhan

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *