Kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

Seperti kita ketahui bersama, salah satu ilmu terpenting bagi manusia adalah ilmu fiqih, karena dengan ilmu tersebut setiap orang bisa mengetahui apa yang wajib dia kerjakan dan apa yang terlarang. Dengan ilmu fiqih juga, orang bisa tahu apa yang halal dia konsumsi dan apa yang haram. Bagi setiap muslim, hal ini adalah sesuatu yang sangat mendasar dan maha penting untuk diketahui.

Salah satu cara untuk menguasai pembahasan-pembahasan fiqih, selain belajar langsung dengan ahli ilmu, tentu keberadaan kitab fiqih sangat perlu dan sangat membantu. Terlebih lagi jika ada kitab fiqih yang membahas pembahasan-pembahasan fiqih tersebut secara lengkap dan rinci. Alhamdulillah, saat ini telah ada kitab fiqih yang bisa memenuhi hal ini. Saking lengkapnya, A sampai Z pembahasan fiqih ada disini, walaupun saya tidak pungkiri bisa jadi ada yang terlewat.

Kitab ini terdiri dari 45 Juz. Bayangkan, jika Anda memiliki edisi cetaknya, Anda perlu 1 lemari buku berukuran besar, khusus untuk meletakkan kitab ini saja. MaasyaaAllah, dengan memiliki kitab pdf-nya, Anda cuma perlu menyediakan space 400 MB di komputer Anda. Kitab ini ditulis oleh banyak ulama, dan hal ini wajar, karena untuk menulis beragam pembahasan fiqih dari A sampai Z, menukil pendapat para ulama dari berbagai madzhab serta dalil dari mereka masing-masing, tentu sangat sulit jika itu dilakukan oleh satu orang ulama saja.

Kitab yang saya maksud berjudul Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah, yang berarti Ensiklopedi Fiqih, diterbitkan oleh Kementerian Waqaf dan Urusan Keislaman Kuwait. Karena diterbitkan oleh pemerintah Kuwait, sering ia disebut Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah.

Beberapa keistimewaan dari kitab ini adalah:

  1. Kitab ini tidak disusun berdasarkan bab-bab fiqih seperti lazimnya kitab fiqih yang lain. Kitab ini disusun berdasarkan abjad hijaiyyah dimulai dari alif (hamzah) hingga ya’. Ini merupakan metode baru penulisan kitab fiqih, dan sepertinya ini bertujuan untuk mempermudah pencarian satu tema pembahasan bagi orang yang masih awam dengan bab-bab fiqih. Misalnya, kalau Anda ingin mencari pembahasan tentang i’tikaf, Anda tinggal cari di huruf alif (hamzah), tak perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa pembahasan i’tikaf itu merupakan sub dari pembahasan puasa.
  2. Kitab ini menyajikan pembahasan secara lengkap mulai dari definisi suatu istilah, kemudian pendapat berbagai madzhab beserta dalil masing-masing dan hal-hal yang berhubungan dengan tema yang sedang dibahas.
  3. Kitab ini sangat lengkap sehingga sangat cukup sebagai referensi pembahasan fiqih untuk orang awam maupun pengkaji ilmu fiqih. Bahkan, hanya dengan membaca kitab ini Anda sudah memiliki pengetahuan berdasarkan pandangan 4 madzhab termasyhur untuk setiap pembahasan fiqih. Ini tentu memudahkan karena Anda tak harus mengkaji literatur dari masing-masing ulama madzhab.

Demikianlah beberapa keistimewaan kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah ini.

Unduk kitabnya di sini: AL-MAUSU’AH AL-FIQHIYYAH AL-KUWAITIYYAH

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *