Kitab At-Tadzhib fi Adillah Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

Kitab At-Tadzhib fii Adillah Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib adalah kitab fiqih madzhab Syafi’i yang ditulis oleh ulama kontemporer asal Suriah, Prof. Dr. Mushthafa Dib al-Bugha. Kitab ini merupakan syarah dari kitab Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib, atau yang lebih dikenal dengan nama Matn Abi Syuja’, yang ditulis oleh al-Qadhi Abu Syuja’ al-Ashfihani, yang hidup di abad 5 hijriyyah.

Kitab Matn Abi Syuja’, kitab yang sangat populer dalam madzhab Syafi’i, ditulis secara ringkas dan tanpa menyebutkan dalil, hanya berisi kesimpulan-kesimpulan hukum fiqih. Ini karena kitab tersebut memang ditulis untuk mudah dihafal, sedang pembahasan yang rinci beserta dalil-dalilnya bisa dipelajari dari kitab lain. Kitab ini kemudian banyak di-syarah (diperluas pembahasannya dalam kitab lain) oleh para ulama, dengan memuat dalil-dalil dan/atau penjelasan lebih rinci. Salah satu kitab syarah tersebut adalah kitab ِAt-Tadzhib fi Adillah Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib.

Kitab At-Tadzhib ini tidak memberikan penjelasan terhadap Matn Abi Syuja’ secara panjang lebar. Ia lebih fokus pada penyebutan dalil-dalil terhadap satu persoalan hukum dari al-Qur’an, as-Sunnah maupun atsar Shahabat, ditambah qiyas pada beberapa tempat. Penjelasan di luar itu hanya diberikan jika benar-benar diperlukan untuk memudahkan pemahaman, tapi bukan untuk memperluas dan memperlebar pembahasan. Kitab ini sangat cocok untuk pelajar fiqih pemula, yang akan kesulitan jika diajak mempelajari bab-bab fiqih terlalu dalam.

Unduk kitabnya di sini: AT-TADZHIB FI ADILLAH MATN AL-GHAYAH WA AT-TAQRIB

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *