Mengapa Kita Perlu Belajar Bahasa Arab?

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

Allah subhanahu wa ta’ala memuliakan bahasa Arab dengan dua perkara besar, yaitu (1) kitab-Nya, Al-Qur’an, diturunkan dalam bahasa Arab, dan (2) Rasul-Nya yang terakhir dari bangsa Arab dan berbicara dalam bahasa Arab. Dan ini berarti, dua sumber utama ajaran Islam, Al-Qur’an dan As-Sunnah, berbahasa Arab. Inilah keutamaan bahasa Arab dibanding bahasa lainnya.

Imam asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “Sesungguhnya lisan (bahasa) yang dipilih Allah ‘azza wa jalla adalah lisanul ‘arab. Dengannya Dia menurunkan kitab-Nya yang agung, Dan Dia jadikan ia (bahasa Arab tersebut) sebagai bahasa penutup para Nabi-Nya, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, kami katakan seharusnya setiap orang yang yang mampu mempelajari bahasa Arab agar mempelajarinya.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/521]).

Syaikhul Islam Ibn Taimiyah rahimahullah berkata, “Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri merupakan bagian dari diin. Mengenalnya merupakan hal yang fardhu, karena memahami al-Kitab dan as-Sunnah fardhu, dan keduanya tidak bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Sebuah kewajiban yang tidak bisa sempurna kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu itu wajib juga hukumnya.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/527]).

Sayyiduna ‘Umar ibn al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata, “Pelajarilah bahasa Arab, karena ia merupakan bagian dari diin kalian.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/528]).

Jika para ulama dan pemimpin umat Islam, salaf dan khalaf, telah berbicara dan bersepakat tentang keharusan belajar bahasa Arab, hanya kerasnya hatilah yang membuat kita tetap tak tergerak untuk belajar bahasa Arab. Dan, hati yang keras, hati yang tertutup dari kebenaran, bukanlah sifat orang-orang beriman, ia adalah sifat orang-orang kafir dan munafiq, wal ‘iyaadzu billah.

Mari belajar bahasa Arab.

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *