Taat Pada Ulama (Tadabbur Al-Qur’an)

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

TADABBUR AL-QUR’AN
(Surah An-Nisaa, Ayat 59)

Ikhwah fillah, mari kita lihat surah An-Nisaa ayat 59:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُم

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul, serta ulil amri di antara kalian.”

Kebanyakan kita mungkin memahami makna ulil amri di ayat ini sebagai penguasa, orang yang memegang kepemimpinan politik bagi umat Islam. Makna ini tidak keliru. Namun, kita juga perlu tahu, selain menunjuk pada penguasa, ulil amri juga menunjuk makna lain, yaitu para ulama.

Ibn ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma dalam salah satu riwayat, sebagaimana disebutkan oleh Ibn Katsir dalam tafsirnya, menyatakan ulil amri adalah ahli fiqih dan agama. Hasan Al-Bashri, Mujahid dan ‘Atha juga menafsirkan ulil amri di ayat ini adalah para ulama.

Jadi, ulil amri yang wajib kita taati –selama tidak memerintahkan maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya– bukan hanya para penguasa kaum muslimin yang menjalankan syariah Islam, namun juga para ulama.

Dalam ayat yang lain, dengan jelas umat Islam diwajibkan untuk merujuk kepada para ulama. Allah ta’ala berfirman:

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُون

Artinya: “Bertanyalah pada ahli dzikir (ulama), jika kalian tidak mengetahui.” (QS. An-Nahl ayat 43)

Bahkan, sebagian ulama menyatakan ketaatan kepada para ulama lebih utama dibanding kepada penguasa, karena para penguasa pun –jika ia baik– tentu akan taat kepada para ulama dan menjadikan mereka sebagai pembimbing dan penasehat mereka.

Inilah kedudukan para ulama dalam Islam. Mereka diutamakan oleh Allah karena ilmu yang mereka miliki serta rasa takut yang tinggi kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Wallahu a’lam bish shawwab.

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *