Tips Agar Istiqamah Belajar Bahasa Arab

Oleh: Muhammad Abduh Al-Banjary

Berikut beberapa tips agar bisa istiqamah belajar bahasa Arab:

1. Memahami bahwa bahasa Arab adalah kunci pertama untuk benar-benar memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dan keterikatan terhadap Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak akan sempurna jika kita belum benar-benar memahami dua sumber diinul Islam tersebut. Selama kita terus berkomitmen untuk terikat dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah, selama itu juga kita seharusnya tetap berkomitmen untuk belajar bahasa Arab.

2. Imam Asy-Syafi’i rahimahullah (sebagaimana disebutkan di beberapa kitab) menyatakan bahwa ilmu itu hanya akan didapatkan -salah satunya- dengan panjangnya waktu belajar. Dan seluruh ulama yang ilmu dan karya ilmiahnya masih dikaji dan dimanfaatkan oleh umat Islam hingga sekarang, dalam perjalanan hidup mereka, mereka telah belajar ilmu-ilmu keislaman dalam waktu yang sangat lama. Dan bahasa Arab adalah salah satu cabang ilmu tersebut. Tidak maukah kita meraih atau minimal mendekati kedudukan mereka???

3. Mencari komunitas dan pergaulan yang mendukung keistiqamahan kita belajar bahasa Arab. Jika kita berada pada komunitas yang sama-sama bersemangat untuk belajar bahasa Arab, sama-sama memiliki kesungguhan dalam thalabul ‘ilmi, dan sama-sama berkomitmen untuk istiqamah di jalan para thalibul ‘ilmi, insyaAllah jalan untuk istiqamah akan lebih mudah.

4. Melengkapi diri dengan segala fasilitas yang mendukung proses belajar bahasa Arab kita. Alhamdulillah, saat ini sudah banyak software, audio, video, dan website yang bisa mendukung proses belajar kita. Mari kita akses secara rutin semua fasilitas pendukung tersebut, insyaAllah semangat kita untuk belajar bahasa Arab akan terus terjaga.

Semoga kita terus semangat mempelajari ilmu-ilmu keislaman, sebagai salah satu wasilah kita mendapatkan ridha Allah ta’ala dan surga-Nya yang luasnya seluas langit dan bumi.

Muhammad Abduh Negara

Pengelola Program Tafaqquh Fid Diin (TFD) Banjarmasin; Alumni S1 Syariah (Ta'lim 'An Bu'd) Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa'ud, Saudi Arabia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *